Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

DPRD dan Pemkab Bandung Sepakati 3 Hal Ini

DPRD dan Pemkab Bandung Sepakati 3 Hal Ini

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bandung menyepakati APBD Murni 2024 berada di angka Rp 5,4 triliun dengan perkiraan SILPA Rp 450 miliar. Pemkab Bandung berharap pembahasan mengenai hal tersebut berjalan sesuai yang telah direncanakan.

“Mudah-mudahan pembahasannya berjalan lancar dan sesuai dengan yang disepakati di Bamus (Badan Musyarawarah), serta bisa diparipurnakan sebelum akhir November ini,” ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna, usai rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Jumat (29/9/2023).

Dalam rapat itu, diutarakan Dadang, membahas pula perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Perubahan dilakukan mengingat masa jabatan kepala daerah, termasuk bupati-wakil bupati Bandung berakhir pada Desember 2024. Itu merujuk pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Jadi berdasarkan undang-undang tersebut, masa jabatan kepala daerah hasil pemilihan tahun 2020 selesai di 31 Desember 2024. Oleh karenanya RPJMD yang sampai 2026 disesuaikan. Namun berdasarkan RPJMD yang sebelumnya, capaian-capaian Kabupaten Bandung sudah melebihi 100 persen. Sehingga tidak terlalu berat, karena yang 2024 telah disesuaikan dengan kondisi faktual yang terjadi saat ini,” paparnya.

Kemudian, diungkap Dadang, paripurna hari ini juga membahas peraturan daerah mengenai kekerasan seksual. Namun dengan kondisi yang berkembang saat ini, legislatif dan eksekutif sepakat untuk membuat peraturan daerah mengenai LGBT.

“Nanti akan ada perda-nya yang insya Allah akan selesai pada bulan depan,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow