Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Disperkimtan Akan Merealisasikan Berbagai Program di Tahun 2023 Ini

Disperkimtan Akan Merealisasikan Berbagai Program di Tahun 2023 Ini

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bandung akan merealisasikan berbagai program pada tahun 2023 ini. diantaranya perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu), penataan dan revitalisasi taman, hingga tempat pemakaman umum (TPU).

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, dalam waktu lima tahun Disperkimtan Kabupaten Bandung menargetkan perbaikan 35 ribu rutilahu.

“Dari total target rutilahu itu, kami merealisasikan 7.000 unit per tahun, dan memasuki tahun ketiga RPJMD sudah melebihi target,” kata Kepala Disperkimtan Wahyudin, di Soreang, Selasa (28/2/2023).

Wahyudin mengklaim, pada 2022, pihaknya sudah merealisasikan 7.435 rutilahu yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Meski targetnya 35 ribu dalam lima tahun, tapi saya optimis di 2024 sudah terealisasi karena per tahun berhasil melebihi target dari 7.000 unit,” ucapnya.

Keberhasilan target tersebut, diakui Wahyudin, berkat peran aktif masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, terutama Bupati Bandung melalui program Bunga Desa dan Rempug Desa.

“Melalui program itu, Pak Bupati bisa meresap langsung aspirasi masyarakat. Disperkimtan menindaklanjuti program itu sesuai kewenangan,” imbuhnya.

Wahyudin menekankan, untuk rutilahu masyarakat bisa mengajukannya melalui musrenbang atau langsung kepada pihaknya. Data pengajuan akan masuk di musrenbang, dan tervalidasi di Dinas Sosial atau melalui aspirasi DPRD. Sebab, selain dari APBD Kabupaten Bandung, anggaran rutilahu juga ada dari APBN dan APBD provinsi.

“Saya akan fokus merealisasikan program rutilahu sesuai dengan data dan anggaran yang ada untuk mendorong penanganan kemiskinan ekstrim melalui perbaikan rutilahu,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow