Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Dinilai Berhasil, Politisi PKB Dorong Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Desa Rp5 Miliar Per Desa

Dinilai Berhasil, Politisi PKB Dorong Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Desa Rp5 Miliar Per Desa

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Sekertaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bandung, Acep Ana mendorong Pemerintah Pusat meningkatkan nominal dana desa yang diberikan kepada Pemerintah Desa.

Sebagai informasi, saat ini setiap tahunnya Pemerintah Pusat telah menyediakan hampir Rp70 triliun untuk dana desa. Dimana dengan nominal tersebut, masing-masing desa mendapatkan dana desa sebesar Rp1 miliar. Pihaknya berharap dana desa bisa meningkat menjadi Rp5 miliar per desa.

“Ketika desa berdaya maka Indonesia berjaya, ketika desa maju maka Indonesia maju, ketika masyarakat sejahtera artinya desa sejahtera,” ujar Acep di Soreang, beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa disebutkan pentingnya inovasi dalam upaya pembangunan desa. Kata Acep, Dana Desa merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat terhadap kegiatan pembangunan di desa, mulai dari upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan pengembangan ekonomi desa dan penyediaan sarana dan prasarana.

Program dana desa sendiri telah berjalan sejak tahun 2015. Menurut Acep, pemerintah desa telah berhasil mengelola anggaran negara tersebut dengan baik

“Indikatornya sewaktu pandemi Covid-19 bagaimana secara serentak dana desa dipakai sebuah ujung tombak mengatasi pandemi yang sangat dahsyat,” ujar politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Keberhasilan program dana desa juga bisa memberikan dampak terhadap pemerataan pembangunan di Indonesia. “Pemerataan pembangunan di Indonesia akan terjamin karena semua desa mendapatkan alokasi dana desa,” pungkasnya.(Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow