Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Dede Yusuf Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Bagi Mahasiswa di Kab Bandung

Dede Yusuf Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Bagi Mahasiswa di Kab Bandung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Angggota MPR RI sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dr. H. Dede Yusuf Macan Effendi, ST, M.I.Pol, menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Aula terbuka RM. Riung Panyaungan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 13 Desember 2022.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini dihadiri para mahasiswa dan pelajar yang ada di Kabupaten Bandung.

Adapun 4 pilar kebangsaan yang disampaikan adalah, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI tahun 1945. Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

“Kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini perlu dilaksanakan sebagai upaya penguatan nilai-nilai kebangsaan dikalangan mahasiswa yang harus semakin diperkuat ditengah ancaman radikalisme dan tantangan cepatnya arus globalisasi maupun perkembangan society 4.0.” ungkap Dede Yusuf.

Mahasiswa dituntut harus mampu mengimplementasikan nilai kebangsaan tersebut dalam perilaku dan karya, bukan hanya sekedar menghafal pancasila maupun undang-undang dasar. Dalam sosialisasi tersebut, tidak hanya mengupas tentang uraian dari komponen 4 pilar, namun diskusi berlanjut mencakup tentang perkembangan topik di negeri ini, mulai dari KUHP, isu Pilpres, pendidikan sampai dengan isu masalah mental.

Dede Yusuf juga mengatakan, bahwa pelaksanaan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini merupakan kewajiban anggota MPR sebagaimana di amanatkan oleh Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD bahwa setiap anggota MPR bertugas untuk Memasyarakatkan Pancasila, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami berharap melalui kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dapat mengingatkan komitmen para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjungjung tinggi nilai-nilai kebangsaan,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Dede Yusuf, para mahasiswa harus mampu menyerap nilai-nilai kebangsaan agar memiliki semangat dan mampu memberikan kontribusi terbaik bagi negeri ini di tengah pesatnya perkembangan industri 4.0 serta society 5.0 di Indonesia.

“Meski ditengah Pandemi Covid-19, mahasiswa harus tetap produktif dan mampu meningkatkan kompetensi diri”, ungkapnya.

“Selain meningkatkan kompetensi, saya mengimbau, agar para mahasiswa berani mengambil peran untuk menyambut masa depan dengan tetap mempertahankan karakter dan nilai-nilai kebangsaan,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow