Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Dede Yusuf Monitoring Program Indonesia Pintar di Padalarang

Dede Yusuf Monitoring Program Indonesia Pintar di Padalarang

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menggelar Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) di Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (25/5/2024). 

Dede mengungkapkan, agenda Kundapil ini bertujuan untuk bersilaturahmi kepada konstituen terkhusus orangtua siswa di SMK 4 LPPM RI Padalarang. Acara kundapil tersebut selain menyerap aspirasi masyarakat yang berada di wilayah  Padalarang, juga untuk monitoring pelaksanaan program Program Indonesia Pintar (PIP) di sekolah tersebut. 

Program Indonesia Pintar (PIP) reguler maupun usulan pemangku dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin, untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal. 

“Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya,” ujar Dede. 

Selain program PIP, dia menuturkan, bahwa di Kabupaten Bandung Barat juga ada bantuan program KIP Kuliah aspirasi melalui usulan pemangku kepentingan terkait.

Beasiswa KIP Kuliah aspirasi merupakan bantuan melalui jalur aspirasi berupa biaya pendidikan yang diberikan oleh negara bagi lulusan sekolah menengah atas atau sederajat yang mempunyai potensi akademik yang baik, tetapi terkendala biaya.

"Salah satu upaya Partai Demokrat untuk memutus mata rantai kemiskinan, salah satunya dengan pendidikan yang tinggi, sehingga anak-anak nantinya akan mendapatkan bekal yang baik dan pekerjaan yang layak. Setidaknya para siswa dari kalangan tidak mampu akan terbantu dengan program bantuan pendidikan PIP maupun KIP Kuliah,” pungkasnya. (*)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow