Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Cucun E-Sport Competition 2023, Ajang Silaturahmi Anak Muda Kabupaten Bandung

Cucun E-Sport Competition 2023, Ajang Silaturahmi Anak Muda Kabupaten Bandung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Komunitas Spektrum bekerja sama dengan Cucun Center menggelar E-Sport Competition di Teras 39, Ciheulang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

Pembina Komunitas Spektrum, H. Tarya Witarsa pembina Komunitas Spektrum menyebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan piala Cucun Center.

Dengan kata lain, lanjut Tarya, yaitu memperebutkan piala Cucun Ahmad Syamsurijal Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pemilihan (Dapil) Jabar II Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh komunitas Spectrum kabupaten bandung yang bekerjasama dengan Cucun Centre. Hadiahnya sekitar Rp40 juta itu full dari Kang Cucun,” ungkap Tarya saat wawancara, Jumat (27/1/2023).

Dikatakan Tarya, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai Jumat hingga Sabtu malam, dengan pertandingan game yang dilaksanakan adalah ML, BB, Free fire dan PES.

“Peserta yang mengikuti dari kalangan
pelajar, mahasiswa dan umum yang berjumlah 600 pemuda atau squad. Ada yang lima dan empat orang. Cuman dua hari sistem gugur,” kata Tarya.

Tarya menilai bahwa E Sport membawahi game online menjadi salah satu cabor yang per hari ini resmi sudah terdaftar pembinaan KONI.

“Salah satu kegiatan lebih diminati oleh kaum Milenial. Usia dari SMA, Squad dari mahasiswa, peminatnya luar biasa. Kegiatan satu dapil, namun ada dari kabupaten dan kota,” jelasnya.

Menariknya, Tarya menyebut bahkan ketika technical metting para peserta squad diantarkan bersama guru mereka. Pasalnya, ia menilai bahwa game online bagian dari ekstrakurikuler di sekolah.

Tarya pun menilai, bahwa kegiatan ini merupakan apresiasi pembinaan untuk komunitas agar peluang baik dari sisi pembinaan atlet sekaligus ekonomi kreatif dan pariwisata menjadi gelembung.

“Ketika game online menjamur saluran yang jelas menjadi percuma. Membuka peluang mereka bisa nyambung dengan stakeholder agar terjaring prestasi,” jelasnya.

Sementara itu dilokasi yang sama, kata Ketua Panitia sekaligus pendiri Spektrum, Tio juga menyatakan, kompetisi ini merupakan gagasan untuk ajang silaturahmi dan menampilkan kreativitas anak muda di Kabupaten Bandung.

Pria asal Cimaung ini menilai bahwa setiap Squad mengirimkan lima sampai enam orang untuk mengikuti kegiatan ini. Akan tetapi, ini pentingnya merupakan pembinaan terhadap potensi yang ada di kabupaten Bandung terkait anak muda yang Gandrung terhadap game online itu sendiri.

“Untuk membina temen-temen muda selain ajang silaturahmi Game Online intinya, E Sport harus massif untuk pembinaan,” kata Tio.

Tio sendiri memilih tempat di Teras 39 Ciheulang karena berkaitan dengan jaringan provider yang digunakan dalam pertandingan. Sebagai dorongan ekonomi kreatif juga, dampak ekonomi terjadi di sini.

“Kami bukan tidak mau dilaksakan ditempat outdoor, tapi jaringan tentu menentukan situasi pertandingan,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow