Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Cacar Monyet Mulai Terdeteksi, Cecep Suhendar Imbau Pemkab Bandung Cepat Lakukan Antisipasi Pencegahan

Cacar Monyet Mulai Terdeteksi, Cecep Suhendar Imbau Pemkab Bandung Cepat Lakukan Antisipasi Pencegahan

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Kasus cacar monyet atau monkeypox, saat ini tengah jadi perhatian di wilayah Jawa Barat, termasuk Kabupaten Bandung.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan sempat menerbitkan laporan bahwa cacar monyet di Indonesia, terdeketsi sebanyak 24 kasus per 29 Oktober 2023.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, Cecep suhendar mengatakan, pemerintah khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes), perlu menyikapi serius kasus cacar monyet dengan antisipasi, agar tak meluas di wilayah Kabupaten Bandung.

“Pemerintah Kabupaten Bandung, terutama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan para direktur rumah sakit serta kepala puskesmas, harus segera melakukan tindakan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Cecep melalui seluler, Rabu (1/11).

Menurutnya, kaitan dengan sudah timbulnya kasus di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat tepatnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), agar bisa dicegah penyebarannya.

“Artinya bahwa di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung terutama Dinkes kemudian tiga rumah sakit daerah dan puskesmas, harus segera melakukan antisipasi melalui promosi sosialisasi kepada masyarakat, tentang gejala-gejala penyakit cacar monyet,” ujar Cecep.

Diketahui, cacar monyet ini merupakan virus yang ditularkan melalui binatang atau zoonosis, seperti dari hewan monyet, tikus, gambia, dan tupai.

Penularannya terjadi ketika terdapat kontak langsung dengan hewan-hewan yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Selain kontak langsung, potensi tertular pun bisa juga melalui konsumsi daging hewan liar, yang terkontaminasi dan cacar monyet juga bisa menular dari manusia yang sudah terkonfirmasi positif.

Cecep menyampaikan, Pemda Kabupaten Bandung perlu mengantisipasi juga penyebaran cacar monyet, dengan memasukkan biaya pencegahan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Ini juga harus diantisipasi di dalam penganggaran APBD 2024, meski ini belum ada laporan dari rumah sakit yang ada di Kabupaten Bandung,” ucap anggota Legislatif Partai Golkar.

Cecep menegaskan, sebelum ditemukan atau terdeteksinya penyebaran cacar monyet di Kabupaten Bandung, antisipasi pencegahan harus diupayakan sejak dini.

“Nampaknya harus kita antisipasi penganggaran, kaitan dengan penyakit cacar monyet ini. Salah satunya mengenai penanganan dengan peralatan, baik mulai dari APBD, obat-obatan hingga ruangan,” tegasnya.

Cecep menilai, Dinkes Kabupaten Bandung perlu menyikapi kasus cacar monyet, agar bisa dicegah sebelum meluas dengan cepat seperti Covid-19.

“Karena mungkin nampaknya penyakit ini hampir mirip dengan Covid-19. Tentunya hal ini nanti disampaikan oleh dinas terkait,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow