Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Bupati Dadang Supriatna dan Ketua KORMI Launching Senam Bandung Bedas Serentak se-Kabupaten Bandung 

Bupati Dadang Supriatna dan Ketua KORMI Launching Senam Bandung Bedas Serentak se-Kabupaten Bandung 

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Bupati Bandung Dadang Supriatna meluncurkan Senam Bandung Bedas se-Kabupaten Bandung yang dilaksanakan di Pontren Assurur Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Sabtu (10/8/2024).

Pelaksanaan senam Bandung Bedas itu dalam upaya mendorong masyarakat untuk tetap sehat, jiwa kuat dan indeks kebahagiaan pun meningkat.

Bupati Bandung mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Pontren Assurur Pameungpeuk yang telah memberikan tempat untuk pelaksanaan launching Senam Bandung Bedas tersebut.

Dadang Supriatna mengungkapkan, bahwa KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan ini karena salah satu Inorga yang banyak diminati oleh lapisan masyarakat. 

“Terutama instruktur yang sudah rutin dilaksanakan di masing-masing desa. Maka dalam rangka meningkatkan jiwa yang sehat, tentunya dengan olahraga yang rutin dilaksanakan setiap minggunya mudah-mudahan pemerintah daerah hadir untuk bisa semua memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan instruktur,” tutur Kang DS , sapaan akrab Bupati Bandung ini.

Kang DS mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan hampir 500 sertifikasi untuk instruktur se-Kabupaten Bandung. 

“Kenapa kita memberikan perhatian seperti itu, karena memang setiap desa banyak yang senam. Dengan adanya senam yang dilaksanakan masing-masing desa, terlihat indeks kesehatan Kabupaten Bandung, harapan lama sekolah, harapan lama hidup masyarakat Kabupaten Bandung menjadi 74,27 tahun,” tuturnya. Bupati Bedas ini.

Kang DS juga ikut menjelaskan IPM Kabupaten Bandung 73,74 poin, salah satu indikatornya adalah kesehatan. 

"Kesehatan Kabupaten Bandung alhamdulillah tadi 74,27 tahun. Artinya, rata-rata masyarakat Kabupaten Bandung usianya 74,27 tahun. Itu bukti masyarakat Kabupaten Bandung sehat," ujar orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini. 

Ia juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Pusat yang diterima Bupati Bandung Dadang Supriatna baru baru ini. 

Penghargaan ini diberikan atas prestasi Kabupaten Bandung yang berhasil melampaui target nasional (98%) dengan cakupan UHC mencapai 99,57%, mencakup 3.733.067 dari total 3.749.172 jiwa penduduk.

“Artinya sarana dan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Bandung sudah mencapai 99,57 persen, sehingga mendapatkan penghargaan dari Bapak Presiden kita. Alhamdulillah,” jelasnya. 

Ia berharap kegiatan senam Bandung Bedas terus berlangsung. Kang DS pun turut mendoakan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung tetap sehat dan berkah.

“Saya titip, sebentar lagi kami akan melaksanakan hajat politik. Tanggal 27 November 2024, maka bagi warga yang sudah memiliki hak pilih datang ke TPS masing-masing untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, dan memilih kembali Bupati dan Wakil Bupati Bandung,” tuturnya .

Kang DS berharap pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional 2024 bisa berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia, aman, kondusif, maslahat untuk kemajuan Indonesia, khususnya Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Ketua KORMI Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna mengatakan bahwa pada hari ini adalah launching pertama Senam Bandung Bedas serentak se-Kabupaten Bandung.

"Beruntung Kecamatan Pameungpeuk yang kami kunjungi," katanya.

Emma Dety mengatakan dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan, kebugaran jasmani masyarakat yang inovatif, kreatif, produktif agar berdaya guna, KORMI Kabupaten Bandung bertujuan menyebarkan olahraga masyarakat ke segenap lapisan masyarakat.

“Jumlah peserta pada launching Senam Bandung Bedas ini yaitu sebanyak 1.500 peserta,” katanya.

Ia mengatakan program Senam Bandung Bedas seminggu sekali ini, diinisiasi oleh KORMI Kabupaten Bandung. Dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Bandung, dan dalam pelaksanaanya tersebar di 270 desa dan 10 kelurahan. 

“Untuk meningkatkan angka partispasi masyarakat berolahraga di Kabupaten Bandung,” harapnya.

Menurutnya, program senam Bedas satu Minggu sekali ini bertujuan agar dapat dilaksanakan di 16 titik atau di 16 kali pertemuan sampai bulan Nopember 2024 yang akan datang. 

“Ini dilakukan di desa masing-masing. Titik lokusnya tidak sama, bisa berubah-ubah,” katanya.

Emma Dety berharap kepada pemerintah desa agar menginformasikan program Senam Bandung Bedas seminggu sekali ini kepada masyarakat. 

"Apakah mau dilaksanakan hari Jumat, Sabtu atau hari Minggu. Yang terpenting bisa dilaksanakan seminggu sekali," katanya.

Untuk diingat dan dicatat, katanya, setiap melakukan senam, nanti para peserta membawa foto kopi KTP. Tujuannya apa, katanya, nanti dititik terakhir pelaksanaan senam di bulan Nopember atau awal Desember 2024 akan mengundi tiga tiket untuk melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci Makkah Arab Saudi. 

"Rajin-rajinlah untuk melakukan senam. Yang terpenting senam ini bahagia," katanya.(**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow