Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Boleh Cek di Sini, Cara Cegah Mata Katarak

Boleh Cek di Sini, Cara Cegah Mata Katarak

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Mata adalah sumber penghidupan. Maka itu kesehatan mata penting untuk dijaga dan menghindari penyakit yang bisa menyerang organ penglihatan tersebut.

Penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata umumnya berupa tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain itu, pada usia lanjut juga semakin rentan mengalami gangguan mata seperti katarak, glukoma, dan degenerasi macula.

Spesialis mata, katarak dan bedah lefraksi, DR Dr Budiman SpM (K) MKes, mengatakan, organ mata sangat penting fungsinya sebab digunakan untuk melihat. Bila ada masalah atau gangguan bahkan penyakit pada mata, akan sangat mengganggu kesehatan secara umum.

“Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kesehatan organ tubuh, tak terkecuali mata. Makanya kita harus betul-betul bijak dalam memilih makanan atau minuman yang kita konsumsi,” tutur Budiman dalam Talkshow Kesehatan Mata yang diselenggarakan Edelweiss Hospital, di Trans Studio Mall Bandung, Sabtu (13/8/2022).

Budiman mengemukakan, salah satu penyakit mata pada umumnya adalah katarak. Katarak terjadi ketika lensa bening pada mata berubah menjadi keruh, sehingga mengganggu penglihatan. Bertambahnya usia menjadi salah satu faktor risiko terkena katarak.

“Mata katarak umumnya terjadi akibat bertambahnya usia atau mengalami cedera yang mengubah jaringan lensa mata. Mata katarak juga bisa terjadi karena kelainan genetik, diabetes, paparan sinar matahari berulang pada mata, dan penggunaan kortikosteroid jangka panjang,” paparnya.

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya mata katarak. Diantaranya, memeriksakan kondisi mata secara rutin, melindungi mata dari paparan sinar UV, menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan bergizi, menjaga berat badan ideal, menghentikan kebiasaan merokok, serta membatasi konsumsi minuman beralkohol.

Sementara itu, spesialis mata mikro oftalmologi, DR Dr Bambang Setiohadji, Sp.M (K) M.HKes mengungkap, ada beberapa tanda-tanda mata sehat.

Sebagai informasi, Oftalmologi adalah spesialisasi ilmu kedokteran yang berkonsentrasi pada diagnosa penanganan dan pencegahan dari kerusakan, cedera dan penyakit mata bagi semua individu dari segala umur.

“Bisa dikatakan mata kita sehat jika kelopak mata dapat membuka dan menutup dengan baik. Lalu bulu mata teratur dan mengarah keluar. Kemudian juga kornea (selaput bening) benar-benar jernih. Selanjutnya sklera (bagian yang putih) benar-benar putih. Pupil (orang-orangan mata) benar-benar jernih,” terangnya. (vil)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow