Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Banjir Rendam Kabupaten Aceh Tenggara, 1.834 Warga Terdampak

Banjir Rendam Kabupaten Aceh Tenggara, 1.834 Warga Terdampak

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS  – Intensitas curah hujan sedang hingga tinggi selama beberapa hari yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh menyebabkan debit Sungai Lawe Kinga, Lawe Bulan dan Lawe Kisam meluap dan menyebabkan 1.834 warga terdampak banjir pada Kamis (22/8) pukul 23.06 WIB.

Banjir  ini mengakibatkan  21 desa yang tersebar di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Bambel, Kecamatan Lawe Bulan, Kecamatan Babussalam, Kecamatan Bukit Tusam, Kecamatan Lawe Sumur dan Kecamatan Badar yang berada dalam wilayah administratif Kabupaten Aceh Tenggara terdampak akibat peristiwa ini.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat sebanyak 1.834 jiwa dan 468 rumah terdampak, sementara untuk kerusakan sarana dan pra sarana tercatat empat unit tanggul jebol, tiga fasilitas Pendidikan, tiga fasilitas ibadah dan dua fasilitas umum terkena dampak banjir ini.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Aceh Tenggara beserta petugas gabungan menurunkan satu unit excavator untuk melakukan normalisasi dan menutup tanggul yang jebol di Sungai Lawe Kisam dan di Desa Lawe Hijo dan juga bersama sama masyarakat melakukan pembersihan material lumpur di Kantor Badan Pertanahan Nasional dan juga membersihkan masjid di Desa Gumpang Jaya, Kecamatan Babussalam.
  
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara  terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, melakukan asesmen dan mengerahkan tim TRC ke Lokasi terdampak untuk mengevakuasi warga, kondisi mutakhir yang dilaporkan banjir berangsur angsur mulai surut.(ris)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow