Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Sebut Kirab Pemilu Bisa Jadi Upaya Tingkatkan Partisipan Pesta Demokrasi 2024

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Sebut Kirab Pemilu Bisa Jadi Upaya Tingkatkan Partisipan Pesta Demokrasi 2024

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung, Riki Ganesa sebut penyelenggaraan Kirab Pemilu merupakan salah satu upaya sosialisasi terhadap masyarakat.

Menurutnya, kehadiran semua partai politik (Parpol) dalam pelaksanaan Kirab Pemilu, menjadi ajang konsolidasi, koordinasi dan sosialisasi pemersatu bangsa.

“Terkait diselenggarakannya Kirab Pemilu yang keliling itu, kita penyerahan bendera Parpol dari Kabupaten Garut,” kata Riki saat dihubungi melalui seluler, Senin (23/10/2023).

Dia melanjutkan, dari Kabupaten Bandung kemudian Kirab Pemilu akan diserahkan juga ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

“Tentunya saya selaku anggota DPRD Kabupaten Bandung mengapresiasi terkait kegiatan acara Kirab Pemilu kemarin,” ucap Riki.

Mengingat Pemilu 2024 akan menjadi pesta demokrasi, maka momentum tersebut perlu disikapi secara baik oleh setiap kalangan masyarakat.

“Tahun depan adalah momen yang sangat istimewa, baik hajat politik masyarakat Indonesia atau sarana bagi rakyat memilih pemimpinnya,” imbuh Riki.

“Kemudian berpartisipasi sebagai bagian penting dari negara, sehingga turut serta menentukan haluan negara karena memilih sosok pimpinan,” lanjutnya.

Riki menjelaskan, masyarakat pemilihannya tak sebatas presiden saja, melainkan pimpinan daerah masing-masing hingga legislatif.

“Mudah-mudahan dengan acara Kirab Pemilu jadi gaung pesta demokrasi Indonesia yang akan diselenggarakan 2024 itu terasa di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, Kirab Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU menjadi ikhtiar efektif dalam upaya menyosialisasikan kontestasi Pemilu 2024 di Kabupaten Bandung.

Kirab Pemilu 2024 adalah kegiatan yang dilakukan oleh KPU dalam rangka mempersiapkan dan menyosialisasikan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Selain itu, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan mempersatukan bangsa.

Sebagai informasi, Kirab Pemilu 2024 ini telah dilaksanakan sejak Februari 2023 lalu dengan dimulai dari wilayah Indonesia Timur. Kirab Pemilu ini akan melintasi seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

Riki berharap, pelaksanaan Pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan lancar, kondusif dan masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya untuk Indonesia.

“Mudah-mudahan pesta demokrasi dilaksanakan jujur, tertib, aman, terkendali dan bermartabat hingga menghasilkan pemimpin yang dicintai masyarakat serta mendapat mandapt penuh rakyat Indonesia,” bebernya.

Disamping itu, terkait masyarakat yang belum tahu pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, Riki menilai tidak hanya jadi tugas KPU saja, melainkan tugas setiap stakeholder untuk memberikan sosialisasi.

“Jadi kalaupun dirasa kurang mudah-mudahan bisa dimaksimalkan lagi terkait sosialisasinya dalam hal ini KPU,” ujarnya.

Riki mengaku, kalau untuk Pemilu di kita tingkat partisipasi sudah lumayan, tinggal ditingkatkan lagi, soal sosialisasi itu jadi tugas semua pihak.

Gunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin yang sesuai relnya dan bisa membawa Indonesia lebih maju serta berkembang.

“Kita ingatkan kepada penyelenggara berjalan sesuai dengan koridor dan aturan yang ada, sesuai dengan penyelenggaraan pemilu,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow