Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

84 Orang Potensi SAR Dinyatakan Lulus Pelatihan Teknik Pertolongan

84 Orang Potensi SAR Dinyatakan Lulus Pelatihan Teknik Pertolongan

Smallest Font
Largest Font

KUNINGAN – Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat pada Teknik Pertolongan di Permukaan Air dan di Gunung Hutan yang dilaksanakan sejak Selasa 15 Maret 2022 telah selesai di selenggarakan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 6 hari, dan resmi di tutup langsung oleh Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, di aula Kebun Raya Kuningan.

Deden mengatakan, berdasarkan hasil pelatihan dan pengujian kepada seluruh peserta, maka 49 orang dinyatakan lulus Pelatihan potensi SAR Jawa Barat, pada teknik pertolongan di permukaan air.

“Sedangkan 35 Orang lainnya, dinyatakan lulus pelatihan Potensi SAR Jawa Barat pada Teknik Pertolongan di Gunung Hutan,” ungkap Deden, Minggu (20/3/2022).

Deden mengaku bangga, karena seluruh peserta dapat melewati kegiatan dengan baik sehingga dapat menerima hasil yang sesuai dengan yang di harapkan.

Deden juga berharap agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan semua ilmu yang di dapat di kejadian yang sesungguhnya.

Semoga, kata Deden, para Potensi SAR yang sudah lulus bisa meningkatkan semangat menolong antar sesama dan memupuk rasa ikhlas menolong masyarakat di tengah kejadian kejadian yang sering kali di hadapi sebagai insan SAR.

“Seluruh kegiatan patihan potensi SAR tetap mengutamakan safety dan memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat, Nova Perdiana menyebutkan, selama 6 hari pelatihan Peserta di bekali dengan materi teknis pertolongan di air atau water rescue seperti metode pertolongan di permukaan air, Depend release, tow and carry dan pengoperasian perahu karet dan mopel.

“Sedangkan peserta pelatihan teknis, pertolongan di Gunung Hutan atau Jungle Rescue dibekali materi MFR (Medical First Responder), Navigasi, survival, Resection, PPPM (Perlengkapan, Packing, Pakaian dan Makanan) dan Tandu darurat,” kata Nova.

Menurut informasi, kegiatan Water rescue di selenggarakan di Danau Kebun Raya Kuningan, sedangkan Jungle Rescue di selenggarakan di Gunung Ciremai Kab Kuningan

Turut hadir pada penutupan kegiatan Pelatihan Potensi SAR yaitu, Dandim 0615 Kuningan, Kapolres Kuningan, Kalak BPBD Kuningan, Kepala UPTD Kebun Raya Kuningan, Danramil 1514/PCG Kuningan, Ketua Laskar Agung Macan Ali dan Korwil FKP3D Ciayumajakuning. (Ris)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow