International Bandung Choral Festival Gelorakan Semangat War on Drugs

LIRIKNEWS – Menggelorakan semangat war on drugs atau perang melawan narkotika dan obat-obatan terlarang, Badan Narkotika Nasional RI bekerja sama dengan Bandung Choral Society menyelenggarakan International Bandung Choral Festival 2023.

Inspektur Utama BNN RI Irjen Wahyono mengatakan, festival paduan suara ini menjadi media untuk menyerukan bahayanya narkoba kepada generasi muda.

“Jadi tujuan acara ini adalah untuk menggelorakan semangat war on drugs kepada generasi muda, seluruh lapisan masyarakat melalui pendekatan budaya, yaitu menyanyi,” ujarnya, usai opening ceremony International Bandung Choral Festival di kampus Universitas Parahyangan Bandung, Rabu (8/11/2023).

Pihaknya berharap pesan yang disampaikan terkait bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang bisa diterima oleh kalangan muda pada khususnya. Kegiatan ini juga menjadi salah satu strategi pendekatan soft power yang dilakukan BNN dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

“Kampanye P4GN dibalut dengan edukasi artistik dalam alunan melodi indah dan harmonis diharapkan dapat membawa gagasan dan pesan untuk mampu menggelorakan semangat kebangsaan dalam war on drugs atau perang melawan narkoba,” ucapnya.

Kompetisi ini dibuka untuk paduan suara internasional dengan dua tahap perlombaan. Yakni Choir Competition Round adalah kompetisi terbuka untuk seluruh paduan suara peserta meraih title ‘Category Winner’.

Kemudian, Choir Grand Prix adalah tahap kompetisi bagi paduan suara yang berhasil meraih ‘Category Winner’ ataupun paduan suara yang direkomendasikan oleh juri karna menampilkan nilai artistik yang tinggi untuk memperebutkan ‘Grand Prix Champion of IBCF 2023’.

Sembilan negara turut berpartisipasi dalam acara ini, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Singapura, Sri Lanka, Austria, dan Amerika Serikat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *