Geliatkan UMKM, Ema Imbau OPD Gelar Rapat di Teras Cihampelas

LIRIKNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan berbagai langkah dalam mereaktivasi Teras Cihampelas. Upaya itu sebagai langkah menggeliatkan kembali Teras Cihampelas.

Kendati demikian, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut upaya tersebut harus dibarengi dengan komitmen bersama dengan seluruh stakeholder baik pemerintah maupun Pedagang Kali Lima (PKL) untuk bersama menghidupkan kembali Teras Cihampelas.

Beberapa komitmen Pemkot Bandung di antaranya, Ema mengatakan akan menggunakan Teras Cihampelas sebagai tempat kegiatan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

“Saya telah memberikan arahan untuk membantu UMKM, ada OPD melakukan aktivitas di sini. Maminnya (makanan dan minuman) dari dagangan UMKM. Ada rapat atau sosialisasi, kita lakukan di sini. Silahkan dikelola oleh pengurus. Supaya kita menjadi bagian berkontribusi dalam peningkatan usaha,” papar Ema usai bertemu dengan PKL Teras Cihampelas, Rabu 12 Oktober 2022.

Ema juga mengatakan akan mengadakan berbagai acara demi mendongkrak pengunjung yang datang ke Teras Cihampelas.

“Kita siapkan paket penunjang, misalnya nanti siapkan hiburan, panggung hiburan. Kita buat semacam Bandung Fashion Week misalnya. Kalau Manarik pengunjung pasti datang,” kata dia.

Selain itu, Ema menyebut akan membantu terkait bantuan permodalan bagi para PKL.

“Ruang untuk bantuan permodalan dari UMKM terkait dampak inflasi. Kita mintakan mereka difasilitasi. Bisa juga kita koneksikan untuk menjadi anak asuh crs BUMN/BUMD,” ujar dia.

Ia mengatakan, saat ini sudah 87 PKL yang telah berkomitmen untuk kembali mengisi teras Cihampelas dari total 192 PKL.

“Kita ingin semua penuh, semua PKL pindah ke teras Cihampelas. Mereka yang berkomitmen 87 PKL dari 192 PKL, kita jalan terus,” ujarnya.

Ia memaparkan, perkembangan berbagai perbaikan fasilitas yang telah dilakukan Pemkot Bandung untuk menunjang aktivitas di Teras Cihampelas.

Perbaikan tersebut meliputi perbaikan kios, pemasangan kanopi, fasilitas air bersih, perbaikan toilet, pemasangan fasilitas penerangan, WiFi dan instalasi listrik.

“Kami berkomitmen menghadirkan fasilitas atas aspirasi dari para pedagang. Semua dihadirkan setiap kekurangan kita perbaiki. Perbaikan fasilitas pun dilakukan, seperti penerangan, instalasi listrik dan air, hingga toilet,” katanya.

“Kemudian kita juga serap aspirasi dari para PKL, butuh WiFi. Kita sudah mintakan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) segera pasang WiFi. Supaya semakin betah para pengunjung,” imbuhnya.

Ema mengakui, masih ada beberapa persoalan yang masih menjadi perhatian bersama, yakni ketiadaan lahan parkir. Ia mengaku Pemkot Bandung masih mencari solusi terbaik.

“Parkir memang problem, pemerintah belum berkemampuan membangun lahan parkir. Cari dulu lahannya ajukan ke pemerintah. Untuk sementara ikut parkir di tempat parkir milik swasta,” katanya.

Teras Cihampelas, menurut Ema akan diluncurkan kembali, 22 Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, salah satu PKL Teras Cihampelas, Reka mengaku bersyukur dengan reaktivasi Teras Cihampelas yang tengah digagas Pemkot

“Alhamdulillah dengan bantuan ini kita dapat fasilitas lebih,” kata dia

Ia berharap seluruh PKL di Cihampelas dapat dipindahkan ke Teras Cihampelas.

“Teras ada rencana reaktivasi, teras 5 dan 6 menjadi percontohan. Namun, kalau dibawahnya masih rame buat apa. Kita minta semua dibawa ke atas,” katanya.(Jae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *